Teknik Mic


Yang perlu diketahui dalam hal ini, :

1. Jenis Mic

2. Ruangan

3. Karakter Vokal

1. Jenis Mic

Anda perlu mengetahui sifat dari beberapa jenis mic yang tersedia, contohnya:

Ada- mic yang sifatnya sensitif seperti jenis mic condensor.

-Mic yang sifatnya hanya mengambil suara ketika kita berada di depan micx. Bukan pada saat berada disamping. Jenis ini biasa dipakai untuk live musik, mengingat ruangan yang sangat dipenuhi dengan berbagai suara yang dapat mengganggu kualitas audio yang diinginkan.

Bahkan ada juga mic yang dirancang tidak sensitif, tujannnya agar suara bisa menjadi lebih fokus. Mic ini biasanya dipakai untuk Instrumen musik seperti mic Drum.

Daya tangkap frekuensi mic ini biasanya dapat diketahui pada keterangan yang diberikan oleh vendor, yang terdapat pada body.

Untuk kebutuhan musik rekaman, dan ruangan kedap suara yang lumayan, anda perlu menggunakan tipe mic seperti condensor. Dimana anda tak perlu lagi memperhitungkan suara bocor karena angin dan suara-suara lainnya. Kelebihan dari tipe ini, ialah dapat menangkap/menjangkau frekuensi dengan teliti. Sehingga suara manusia dapat terdengar lebih natural.

2.Ruangan

Jika anda tidak dapat merancang kamar/ruangan kedap suara yang ideal, mengingat keterbatasan dana, anda dapat memaksimalkannya dengan menggunakan teknik micing dan pengisian ruangan yang dipenuhi dengan sifat benda yang dapat meredam suara.

Teknik micing dalam ruangan yang kurang ideal, sangat mempengaruhi kualitas suara. Akan terjadi efek gema yang tidak diinginkan, sehingga suara terdengar kurang natural.  Jika gema tidak diinginkan, anda dapat menggunakan kain pembatas yang berada dibelakang vokalis agar suara tidak menyebar kemana-kemana.

3.Karakter Vokal

Untuk memperoleh audio yang bagus, karakter vokal harus dapat diperhitungkan dengan teliti. Parameter pengucapan/artikulasi dari sang vokalis harus disesuaikan dengan jenis mic dan posisi yang tepat.

Sekian dulu dari saya, jika ada kendala, silahkan eksperimen studio rumahan kamu dengan sabar….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s